Talk is cheap, do something

Cara Berpikir Yang Salah Tentang Bisnis Yang Anda Geluti

Beberapa fakta yang salah tentang cara memperlakukan bisnis

Kata pepatah lama, kalian tidak akan merasa sakit bila tidak pernah terjatuh. Lantas bagaimana supaya tidak sakit? jawaban nya " Janganlah Terjatuh" :)
Dalam kesempatan yang baik ini saya akan berbagi pada kalian dengan harapan kalian dapat menangkap point - point penting yang sudah saya lakukan, agar tidak terjadi hal yang sama pada diri kalian. 




Bisnis Tidak Mungkin Gagal

Ini hal pertama yang sangat salah bila kalian memikirkannya. Bisnis bisa gagal, bisnis bisa hancur, tapi bisnis bisa juga menjadikan kalian sukses. Tapi tanamkanlah baik - baik dalam otak kalian, hal ini bisa terjadi, agar mental kalian sudah siap dari awal. Dalam bisnis, rival kalian tidak mampu mengalahkan kalian secara skill, dia bisa saja menghancurkan kalian dengan cara - cara tidak lazim. Menghancurkan kehidupan anda terlebih dahulu, lalu dengan begitu anda tidak dapat terfokus lagi pada apa yang kalian kerjakan. Jadi tetaplah mengambil sikap, apapun yang terjadi pada bisnis kalian. Itu adalah bagian dari tantangan bisnis kalian.


Mengejar Untung

Saat saya membangun sebuah bisnis kecil bersama sahabat saya, pemikiran saya salah. Saya terlalu fokus pada pemikiran mengejar untung, saya kurang memperhatikan bahwa sejatinya bisnis adalah mengejar balik modal. Bukan mengejar untung, mengejar untung akan menghancurkan bisnis kalian secara perlahan. Finansial kalian akan terganggu, dan kalian tidak dapat berpikir jernih lagi untuk mengembangkan bisnis yang kalian geluti. Saya memang bukan pakar bisnis, tapi saya pelaku bisnis. Saya banyak bertemu orang - orang yang jatuh bangun di dunia bisnis, dari merekalah saya belajar.


Naik Level Sebelum Balik Modal

Ini point ketiga yang salah, seperti point kedua yang saya jelaskan di atas. Fokuslah terlebih dahulu pada balik modal atau BEP. Barulah otak kalian fresh memikirkan pengembangan apa selanjutnya yang dapat kalian lakukan. Mengapa? karena kalian sudah tidak beresiko lagi untuk bangkrut.... Yaaaaaaaaaaa...... kalian sudah balik modal... biaya yang terpakai setelah balik modal, merupakan kunci awal kalian. Tanpa berpikir lagi , apakah saya akan kehilangan uang? apakah saya akan bangkrut? kalian tidak akan di hantui perasaan itu lagi setelah balik modal.


Mencoba Jenis Bisnis Lain


Menghindari sifat mencoba - coba jenis bisnis usaha lain adalah solusi yang tepat, sebelum bisnis yang sedang kalian geluti berbuah hasil manis atau minimal sudah balik modal. Bisa saja mencoba bisnis atau usaha yang lain, tapi pilahlah yang sejenis atau sekategori dengan bisnis pertama kalian. Jadi akan berkaitan dan saling berhubungan, sehingga pengerjaannyapun tidak memakan waktu belajar yang lama.


Pebisnis Sukses Harus Kaya

Ini pemikiran yang konyol, pemilik bisnis skala kecilpun sudah di kategorikan pebisnis. Pebisnis bukan ditentukan dari kaya atau tidak nya, tetapi di tentukan dari kualitas bisnis nya yang berkelanjutan sehingga menghasilkan secara terus - menerus. Kalian memiliki pembuatan krupuk pun sudah di katakan sebagai pebisnis, saat kalian mampu mengatur bisnis krupuk kalian sehingga tetap bertahan. Disitulah kalian dikatakan sukses.. Belum tentu kalian kaya, minimal hidup berkecukupan. :)



Semoga artikel ini bermanfaat, tetaplah berwiraswasta dan mandiri... Jangan lupa , bagikan artikel ini atau tinggalkan komentar jika kalian berkenan.. Thanks



Posting Komentar

Bila kalian menyukai artikel ini silahkan tinggalkan komentar.terima kasih atas kunjungannya.